New-Lancia Stratos
Michael Stoschek ketika menerima mobil pesannya minggu laluTORINO, KOMPAS.com – Lancia Stratos yang merajai dunia reli pada 1970-an, begitu lengket di hati Michael Stoschek asal Jerman. Mobil dengan bentuk “kampak” tersebut, diproduksi terbatas, 492 unit antara 1972 dan 1974. Akibatnya, Michael Stoschek susah mendapatkan Stratos yang sangat diimpikannya. Para kolektor – meski koleganya – namun tidak mau melegonya. Lancia Stratos telah menjadi barang langka dan koleksi khusus!
Michael Stoschek yang juga seorang kolektor dan pembalap mobil tua (bersejarah) adalah pengusaha sekaligus CEO Borse AutomobileTechnik. Akhirnya, untuk mendapatkan Lancia Stratos impiannya, ia mendatangi rumah desain terkenal Pininfarina di Torino, Italia. Ia minta dibikinkan Lancia Stratos dengan bentuk asli namun teknologinya terkini.
Hanya Foto
Para perancang di Pininfarina awalnyai kesulitan merekonstruksi mobil tersebut. Pasalnya, Stoschek tidak punya unit untuk direkontruksi. Cuma ada foto-fotonya. Karena merasa tertantang, para desainer menyanggupi dan dimulailah proyek tersebut pada 2008.
Para perancang di Pininfarina awalnyai kesulitan merekonstruksi mobil tersebut. Pasalnya, Stoschek tidak punya unit untuk direkontruksi. Cuma ada foto-fotonya. Karena merasa tertantang, para desainer menyanggupi dan dimulailah proyek tersebut pada 2008.
Michael minta, Lancia Stratos yang diinginkannya akan sempurna bila tetap dengan bentuk klasiknya. Hal tersebut dibeberkan dengan bentuk bodi mobil yang tajam, kaca depan semi bundar, depan dengan radiator di tengah, belakang dengan lampu bulat, spoiler belakang yang berada di atas dan pelek bintang dengan lima titik.
Dua tahun setelah bekerja keras, rumah desain Pininfarina pada 8 November lalu menyerahkan mobil yang sudah mencapai tahap akhir kepada Michael Stoschek. Selama proses pembuatan, Michael dan anaknya Maximilian rajin datang ke Pininfarina untuk melihat progres pembuatan, termasuk pengetesan di terowongan angin, tes di trek (dilakukan oleh mantan pembalap F1 Tiago Monteiro.
Basis Ferrari
Mobil khusus diberi nama New Lancia Stratos. Hebatnya, dibangun dari basis Ferrari F430 Scuderia yang direkayasa ulang secara menyeluruh. Antara lain, sasis aluminiumnya dipangkas 20 cm, agar jarak sumbu roda lebih pendek. Juga dipasangi roll-bar sesuai dengan standar FIA dan AC.
Mobil khusus diberi nama New Lancia Stratos. Hebatnya, dibangun dari basis Ferrari F430 Scuderia yang direkayasa ulang secara menyeluruh. Antara lain, sasis aluminiumnya dipangkas 20 cm, agar jarak sumbu roda lebih pendek. Juga dipasangi roll-bar sesuai dengan standar FIA dan AC.
Misalnya, sasis dipangkas 33 cm dari aslinya. Interiornya interior dibuat dari serat karbon dan aluminium. Elemen bodi yang dibuat dari karbon dan aluminium dengan bobot 562 kg. Dengan itu pula, bobot mobil ini 80 kg lebih ringan dibandingkan F430
Mesin juga dicomot dari Ferrari yaitu V8, 4,23 liter yang menghasilkan 550 PS. Klaim pemilik New lancia Stratos ini, perbandingan tenaga dengan bobot mobil adalah 2,25 PS/kg. Transmisi, manual 6-percepatan dengan pengunci diferensial dan kontrol elektronik yang memungkinkan erpindahan gigi berlangsung hanya sekitar 60 milidetik.
Sasis juga direkayasa ulang secara total. Termasuk memasang dan mengkalibrasi peredam kejut elektronik baru yang bisa disetel melalui tombol di setir, memodifikasi pegas dan memaksimalkan sudut kamber dan toe.
Menggunakan roda dengan lebar 9 dan 11 inchi yang dipasang dengan ban Dunlop Sport Maxx 265/3019 dan 315/30/19 plus rem Brembo pada keempat roda. Power steering menggunakan sistem elektro-hidraulik. Ukuran setir lebih kecil dan dapat menayangkan pergantian gigi melalui lampu LED multiwarna plus mengadopsi pula paddle shift dari Ferrari 43
Tidak disebutkan biaya pembuatan New Lancia Strator ini. Rencanannya akan dites sampai 3.000 km pada berbagai trek balap untuk mengetahui karakteristik pengendaliannya . Setelah itu akan dipresentasikan kepada pers secara terbatas - khusus sport mobil di Ricard Circuit. Informasi lain, Pininfarina akan membuat 25 kopi mobil ini.
Stratos Asli
Lancia Stratos asli menggunakan mesin V6 Ferrari Dino, 280 PS dengan tambahan turbo KKK yang mampu mendongkrak tenaga sampai 560 PS. Kemampuan sprint 0 - 100 km/jam hanya 4 detik dan bisa digenjot 233 km/jam. Semua itu didapat antara lain berkat bobotnya hanya 980 kg.
Tak ayal, Stratos mampu meraih juara reli dunia langsung di musim pertama, 1974 dan berlanjut pada 1975 dan 1976. Sayangnya akibat konflik internal Fiat, pengembangannya tidak dilanjutkan.
Lancia Stratos asli menggunakan mesin V6 Ferrari Dino, 280 PS dengan tambahan turbo KKK yang mampu mendongkrak tenaga sampai 560 PS. Kemampuan sprint 0 - 100 km/jam hanya 4 detik dan bisa digenjot 233 km/jam. Semua itu didapat antara lain berkat bobotnya hanya 980 kg.
Tak ayal, Stratos mampu meraih juara reli dunia langsung di musim pertama, 1974 dan berlanjut pada 1975 dan 1976. Sayangnya akibat konflik internal Fiat, pengembangannya tidak dilanjutkan.
Lancia Stratos masih sempat mencetak beberapa kemenangan, antara Reli Monte Carlo 1975, 1976 dan 1977 dan 1979. Kemenangan terakhir di reli Tour de Corse, Perancis 1981.
Michael Jackson
Bodi dirancang oleh Marcello Gandini, kepala desain Bertone. Bodi tajam, pendek dan lebar bertujuan untuk menghasilkan traksi maksimum. Mobil ini juga pada film Michael Jackson pada 1998, yaitu Moonwalker dan vidoe musik Smooth Criminal.
Bodi dirancang oleh Marcello Gandini, kepala desain Bertone. Bodi tajam, pendek dan lebar bertujuan untuk menghasilkan traksi maksimum. Mobil ini juga pada film Michael Jackson pada 1998, yaitu Moonwalker dan vidoe musik Smooth Criminal.
Editor: Zulkifli BJ
No comments:
Post a Comment